Anggaran yang Direncanakan Harus Terserap dengan Baik

Lumajang, Motim - Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Setda Lumajang, Yos Sudarso menyampaikan, salah satu ukuran keberhasilan dari penyelenggaraan pemerintahan, adalah kemampuan SKPD didalam menyerap anggaran yang sudah direncanakan.
Evaluasi Pelaksanaan Program/Kegiatan APBD
Evaluasi Pelaksanaan Program/Kegiatan APBD
Kemudian perlu dilakukan evaluasi dan harus bisa dilakukan dengan sungguh-sungguh. Sehingga pelaksanaan kegiatan pembangunan yang dikelola masing-masing OPD, sesuai dengan rencana yang ditetapkan.

"Jadi kegiatan evaluasi itu merupakan ukuran dari kemampuan kita dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya," ujarnya dalam acara Evaluasi Pelaksanaan Program/Kegiatan APBD di ruang Nararya Kirana, Kantor Bupati Lumajang, Selasa (29/10).

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Lumajang, Su'eb mengungkapkan evaluasi bertujuan untuk mengetahui tingkat kemajuan pencapaian hasil pelaksanaan kegiatan pembangunan yang dikelola masing-masing OPD.

“Sesuai atau tidaknya rencana yang ditetapkan serta tertib pelaporan administrasi pelaksanaan pembangunan,” katanya.

Evaluasi dilakuka terhadap 17 SKPD yang sudah masuk dari daftar Bagian Administrasi Pembangunan, Data Rencana Umum Pengadaan (RUP) dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), data dari bagian Layanan Pengadaan Barang/Jasa (LPBJ), serta data Laporan Realisasi Anggaran (LRA) dari BPKD. (fit)