Bangunan Liar di Embong Kembar Dibongkar

Lumajang, Motim - Pemkab Lumajang melakukan penertiban bangunan liar di kawasan Jl. Gubernur Suryo atau lebih dikenal Embong Kembar. Sejumlah bangunan non permanen seperti warung, dibongkar oleh petugas Satpol PP Lumajang, Rabu (30/10).
Petugas membongkar bangunan liar di embong kembar
Petugas membongkar bangunan liar di embong kembar
Penertiban itu dipimpin langsung Bupati Lumajang, Thoriqul Haq didampingi Asisten Adminstrasi Setda Kabupaten Lumajang, Nugroho Dwi Atmoko dan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lumajang, Yuli Harismawati.

Thoriq menegaskan, penertiban bangunan liar ini untuk menjadikan Jl. Gubernur Suryo sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH). “Kita ingin embong kembar ini menjadi kawasan yang bersih, kawasan yang tertata rapi, pertamanannya baik, untuk masyarakat lebih nyaman,” terangnya.

Menurutnya, penataan kawasan Embong Kembar itu diawali dengan penertiban bangunan yang tidak permanen seperti gubuk dan beberapa bangunan liar lainnya. “Untuk memulai penataan dan kedepan tidak ada tempat-tempat liar disekitaran ini,” jelasnya.

Asisten Administrasi Setda Lumajang, Nugroho Dwi Atmoko mengatakan pembongkaran bangunan tersebut merupakan program yang sudah lama direncanakan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lumajang, Yuli Harismawati mengatakan, penataan kawasan Embong Kembar sudah menjadi perencanaan pemerintah sejak lama untuk dijadikan kawasan ruang terbuka hijau.

“Ini sudah kita agendakan lama, perencanaan dari tim koordinasi penataan ruang daerah, bagaimana kawasan embong kembar ini menjadi kawasan yang cantik, kawasan ruang terbuka hijau,” ujarnya. (fit)