Baznas Perkuat Kader Penggerak Masjid untuk Optimalisasi Zakat

Pelatihan Kader Penggerak Masjid. (fit) 
Lumajang, Motim - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lumajang menggelar pelatihan bagi kader penggerak masjid demi optimalisasi pengumpulan zakat. Kegiatan itu digelar di Aula BKD Lumajang, Rabu (23/10).

Ketua Baznas Lumajang H. Atok Hasan Sanuni mengatakan, pelatihan ini diikuti kader penggerak masjid besar dari berbagai kecamatan di Lumajang. “Ada 47 masjid, tujuannya untuk mengoptimalkan pengumpulan zakat melalui masjdi,” katanya.

Melalalui pelatihan ini, diharapkan mereka bisa lebih menggali potensi zakat yang ada di masing-masing kecamatan. “Sebelumnya belum bisa optimal makanya hari ini kita hadirkan untuk kita lakukan pembinaan tentang pengumpulan zakat,” ucapnya.

Mereka juga harus bisa melakukan sosialisasi secara maksimal kepada masyarakat di sekitar masjid untuk pengumpulan zakat. “Sehingga masyarakat nanti bisa membayar zakat melalui masjid,” kata dia.

Bahkan, rencananya di masjid, selain kotak amal, ada kotak khusus untuk zakat. Jadi masyarakat bisa membayar zakat ke kota tersebut. “Nanti kita bedakan, akan dibuat kontak secara khusus, dipilah yang mana dari zakat mana yang dana infak atau untuk kemakmuran masjid,” jelasnya.

Lanjutnya zakat yang dikumpulkan oleh masjid bisa dikelola secara mandiri oleh masjid tersebut. Tanpa harus disetor ke Baznas Lumajang. “Namun pelaporannya tetap harus ke Baznas,” pungkasnya. (fit)