Bertambah Lagi, Puluhan Perantau Lumajang di Wamena Dipulangkan

Lumajang, Motim - Jumlah perantau asal Lumajang di Wamena, Papua yang berhasil dipulangkan, kembali bertambah. Ada puluhan warga yang sudah tiba di Lumajang, Rabu (9/10) malam.
Penjemputan warga Lumajang di Wamena
Penjemputan warga Lumajang di Wamena
Kepala Dinas Sosial Lumajang Dewi Susiyanti menyampaikan ada tambahan 20 warga Lumajang yang dipulangkan melalui jalur udara. Mereka diturunkan di Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang.

"Kemudian kita melakukan penjemputan di sana menggunakan bus. Tiba di Lumajang sekitar pukul 11 malam," katanya pada Memo Timur, Kamis (10/10).

Lanjutnya, sebagian diantaranya diantar pulang ke rumah masing-masing. Lainnya ada yang dijemput di Kantor Dinsos oleh pihak keluarga.

Dewi menegaskan, meski mereka masih mengaku trauma namun saat tiba di Lumajang, kondisi psikisnya sudah membaik. "Memang masih ada trauma, tapi kalau sudah tiba di Lumajang, mereka mengaku tenang," jelasnya.

Ia menyebut, sejauh ini sudah ada 118 warga Lumajang di Wamena yang pulang kampung pasca kerusuhan di Wamena. "Sebagian diantaranya pulang secara mandiri, menggunakan biaya sendiri," katanya.

Selain itu, masih ada warga Lumajang di sana yang jiga akan dipulangkan melalui jalur laut. ”Kemarin rencananya dipulangkan, tapi ditunda tanggal 11 Oktober. Data sementara yang kami peroleh ada 20 orang. Selama perjalanan, kira-kira16 Oktober tiba di Tanjung Perak,” jelasnya.

Sementara jumlah kongkrit warga Lumajang di Wamena, Dinsos masih menunggu data dari Pemprov Jatim. "Ini gubernur telah memerintahkan stafnya ke sana, untuk mendata warga Jatim yang ingin pulang atau ingin menetap di sana," pungkasnya. (fit)