Bupati Dialog dengan Petani Sambil Lesehan di Perkebunan

Bupati dan Kepala DPUTR Lumajang berdialog dengan petani. (fit)
Lumajang, Motim - Ada banyak cara yang dilakukan oleh eksekutif untuk berdialog langsung dengan masyarakat. Seperti yang diakukan oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq M.ML bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Lumajang Drs. Karna Suwandi, M.M serta Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Rowokangkung, Kamis (31/10) di Desa Sumbersari Kecamatan Rowokangkung.

Di sana, sebelum meresmikan Jaringan Irigasi Blukon, para petani atau masyarakat setempat bisa berdialog langsung dengan bupati sambil lesehan di perkebunan jagung. Mereka bisa menyampaikan uneg-uneg langsung terkait permasalahan yang ada saat ini.

Kesempatan ini pun dimanfaatkan oleh masyarakat, untuk menyampaikan apa yang menjadi permasalahan di desanya. Mulai dari soal pertanian, jalan, hingga permasalahan lainnya. Bupati pun dengan senang hati menjawab apa yang disampaikan mereka dan selanjutnya menindaklanjuti dengan aksi nyata.

“Pemerintah ini hadir lagsung di masyarakat, mencari model begini, agar masalah di daerah kian cepat diselesaikan. Kami tebuka atas saran dan masukan. Orang sudah yang WA (Whatsapp) saya, menemui saya, macem-macem yang disampaikan,” ucap Thoriq.

Kepala DPUTR Lumajang Karna Suwandi menambahkan, pertemuan seperti ini adalah pertemuan yang luar biasa. Karena tidak sembarang orang seperti bupati mau duduk lesehan dengan masyarakat di perkebunan.

“Karena tidak semua, seorang bupati mau duduk bersila bersama masyarakat. Tapi ini adalah pembelajaran bagi kita semua, untuk pejabat di Lumajang agar dekat dengan masyarakat,” katanya.

Ia juga salut dengan bupati, karena begitu merakyat. Karena di tempat itu juga mau makan nasi bungkus bersama masyarakat. “Ini patut dicontoh untuk kita semuanya agar dekat dengan masyarakat,” jelasnya.

Karna menambahkan, melalui kegiatan seperti ini, bisa langsung menjembetanai keluhan-keluhan masyarakat dengan bupati. “Sehingga apa yang menjadi kebutuhan mayarakat akan langsung didengar oleh beliau. Sehingga beliau tinggal memerintahkan pada kami untuk menindaklajuti,” pungkasnya. (fit)