Bupati Sudah Tetapkan Nama Sekda, Senin Akan Dilantik

Bupati Lumajang Thoriqul Haq. (fit)
Lumajang, Motim - Nampaknya tidak butuh waktu lama bagi Bupati Lumajang Thoriqul Haq untuk memutuskan satu nama calon Sekretaris Daerah (Sekda). Bahkan Ia menegaskan, dalam waktu dekat, Sekda pilihannya, Senin (28/10) akan dilantik.

“Senin dilantik,” kata Thoriq saat ditanya wartawan usai meluncurkan Program Ngap-Ling (Ngaspal Keliling) bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) di Desa Tempeh Kidul Kecamatan Tempeh, Kamis (24/10).

Seperti diketahui, Tim Pansel Sekda sebelumnya, Jumat (18/10) sudah menyodorkan tiga nama calon sekda yang memiliki nilai terbaik ke bupati. Selanjutnya bupati yang sepenuhnya berhak memilih satu nama diantaranya.

Namun bupati masih merahasiakan siapa nama yang telah dipilihnya. Ia enggan menyebut siapa calon sekda yang dimaksud. Thoriq hanya memastikan saja, jika Senin depan yang bersangkutan segera dilantik.

“Sudah (ada namanya), tinggal dilantik,” ucapnya sambil berlalu dari wartawan yang mengerumuninya.

Tetapi sambil berjalan, Ia sempat berkelakar jika calon sekda yang dipilihnya berinisial A. Sedangkan diketahui, tiga nama calon sekda yang disodorkan padanya, semuanya memiliki nama depan dengan huruf A. “Inisialnya A,” ucapnya sambil tertawa.

Tiga nama calon itu diantaranya Kepala Badan Kepegawaian Daerah Agus Triyono, Kepala Dinas Perikanan Agus Widarto, serta Kepala Dinas Penanaman Modal dan pelayanan Terpadu Satu Pintu Akhmad Taufik Hidayat.

Artinya setelah bupati bisa memastikan kapan pelantikan sekda itu, rekomendasi dari Pemerintah Provinsi maupun pusat sudah didapat. Karena setelah bupati memilih satu nama calon sekda itu, sebelum dilantik harus minta persetujaun dulu ke provinsi dan pusat. (fit)