Calon Sekda Akan Jalani Seleksi Kompetensi

Lumajang, Motim - Empat nama calon sekretaris daerah (Sekda) yang memenuhi syarat administrasi telah diumumkan. Selanjutnya, keempatnya akan bersaing di tahapan selanjutnya. Mereka akan menjalani seleksi kompetensi.


Sesuai pengumuman dari Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekda Lumajang, Seleksi Kompetensi Manajerial akan diselenggarakan pada 10-11 Oktober 2019 di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lumajang.

Kemudian untuk Seleksi Kompetensi Teknis dan Sosio Kultural (Presentasi, Uji Gagasan, dan Wawancara) sesuai jadwal akan dilaksanakan pada tanggal 16-17 Oktober 2019.

Sebelumnya, Bupati Thoriqul Haq menilai keempat calon ini sama-sama layak menjadi Sekda. “Semuanya layak, dan semuanya memiliki integritas. Semua memiliki standar itu,” kata bupati pada wartawan.

Keempat calon itu adalah Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Kepala Dinas Perdagangan, Hairil Diani, Kepala Dinas Perikanan, Agus Widarto, dan Dinas Penanaman Modal dan pelayanan Terpadu Satu Pintu, Akhmad Taufik Hidayat.

Bupati pun akan melihat hasil uji kompetensi itu sebagai pertimbangan memilih satu diantara mereka. “Akan kita tindaklanjuti dengan proses berikutnya. Sehingga betul-betul terpilih sekda yang sesuai dengan kriteria,” ujar bupati.

Kriteria yang dimaksud bupati, diantaranya adalah mereka yang memiliki pengaruh positif pada birokrasi. “Harus responsif, orang yang betul menjaga solidaritas di internal birokrasi, orang-orang yang mampu menjaga tata pemerintahan yang baik,” katanya. (fit)