Diperkuat Pemain Timnas U-18, Semeru FC Target Promosi Liga 2

Lumajang, Motim - Semeru FC Lumajang resmi memperkenalkan skuat teranyar di Pendopo Arya Wiraraja, Jumat (4/10) malam. Ada 24 pemain digaet The Lava untuk menyongsong Liga 3 2019. Target yang dipasang adalah promosi ke Liga 2.
Launching Semeru FC
Launching Semeru FC
Dari semua pemain, ada satu nama diantaranya paling menyita perhatian. Yakni pemain Tim Nasional Indonesia U-18 Bayu Muhammad Fikri.

Bayu akan memperkuat Semeru FC dengan jersey nomor punggung 6. Di tim, Ia dipercaya mengisi posisi bek kanan dan bakal jadi benteng pertahanan yang diandalkan.

Namun saat ini Bayu belum bisa bergabung dengan teman-temannya lantaran masih ada panggilan di Timnas. Belum diketahui kapan Bayu akan kembali ke Lumajang.

"Kita belum tahu karena ini agendanya Timnas U-18. Ini kepentingan negara, jadi kita kasih kesempatan dia untuk bela negara," kata Pelatih Semeru FC Steven Keltjes.

Seperti diketahui, dalam Piala AFF U-18 2019 lalu di Vietnam, Bayu mengantarkan Indonesia meraih Juara 3. Meski sebagai lapis kedua, diharapkan pengalamannya di timnas ditularkan ke rekan-rekannya di Semeru FC.

"Kalau habis dipanggil Timnas terus balik ke tim, tentu lebih percaya diri, visi misi bermain pasti ada peningkatan. Itu pasti nanti akan menular ke teman-temannya. Jadi motivasi buat teman-teman yang lain," ujarnya.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq pun memberikan dukungan penuh pada Semeru FC. Karena Ia ingin tim kebanggaan Lumajang itu bisa kembali promosi ke Liga 2.

Dukungan yang diberikan diantaranya menyediakan fasilitas milik Pemkab secara gratis. Seperti Stadion Semeru, bisa digunakan untuk berlatih dan bertanding tanpa harus mengeluarkan uang sewa.

"Kita memberikan fasilitas sarana yang bisa digunakan Semeru FC untuk kepentingan persepakbolaan," ujar bupati.

Bupati juga bakal membantu mencarikan sponsor Semeru FC. Agar kondisi finansial The Lava tetap terjaga. "Kita akan mengkonsolidasi teman-teman dunia usaha di Kabupaten Lumajang untuk ikut membantu Semeru FC dan komandonya kita pemerintah," kata Thoriq.

Hal ini dilakukan bupati, karena Ia ingin Semeru FC bisa lebih berprestasi. "Karena melalui Semeru FC ini, Lumajang bisa semakin dikenal," ucap bupati yang juga sebagai Dewan Pembina Semeru FC.

Dirinya juga mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Lumajang untuk mendukung langsung ke stadion saat Semeru FC bertanding. Ia juga telah membentuk Koordinator Semeru Mania di lingkungan Pemkab Lumajang.

Tahun depan Pemkab juga telah menganggarkan perbaikan Stadion Semeru. Ada penambahan tribun dan lampu stadion. "Sehingga Semeru FC bisa bermain malam dan penontonnya bisa tambah banyak," pungkasnya.

Sementara Bos Semeru FC Thoriq Alkatiri berterimakasih banyak pada bupati atas dukungan yang diberikan. Dia juga mengaku, bupati telah memberikan motivasi padanya agar Semeru FC bisa kembali bangkit setelah terdegradasi.

"Jujur saya sempat kendor saat turun ke Liga 3. Namun ada semangat dari bupati. Sehingga saya bersemangat untuk tetap menangani Semeru FC," ujarnya.

Klub kebanggaan Lumajang ini akan memulai Liga 3 di putaran pra nasional. Mereka tergabung di Grup C bersama Persegres Gresik, Perssu Real Madura Sumenep, Celebest FC Palu, dan PS Ngada NTT.

Pada putaran pra nasional diikuti 15 tim dan akan diambil 6 terbaik untuk lolos ke putaran selanjutnya. Di putaran nasional, akan ada 32 tim. Sebanyak 26 diantaranya merupakan tim yang berhasil lolos dari putaran daerah.(fit)