Empat Calon Sekda Sama-sama Layak Dipilih

Lumajang, Motim - Sebanyak 4 calon Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Lumajang lolos seleksi administrasi. Mereka akan bersaing lagi di tahap selanjutnya. Bupati Thoriqul Haq menilai keempatnya sama-sama layak menjadi Sekda.
Bupati Thoriqul Haq
Bupati Thoriqul Haq
"Semuanya layak, dan semuanya memiliki integritas. Semua memiliki standar itu," kata bupati pada wartawan, Jumat (4/10) di Pendopo Arya Wiraraja.

Sehingga sebagai pertimbangan, bupati akan melihat hasil tahapan demi tahapan yang akan dilalui. Karena itu bisa menjadi nilai tambah bagi para calon. "Akan kita tindaklanjuti dengan proses berikutnya. Sehingga betul-betul terpilih sekda yang sesuai dengan kriteria," ujar bupati.

Kriteria yang dimaksud bupati, diantaranya adalah mereka yang memiliki pengaruh positif pada birokrasi. "Harus responsive, orang yang betul menjaga solidaritas di internal birokrasi, orang-orang yang mampu menjaga tata pemerintahan yang baik," katanya.

Petimbangan lainnya, menurut Thoriq, adalah sikap mereka serta pola kerja yang sesuai dengan bupati dan wakil bupati. "Tentu nilai menjadi catatan khusus bagi saya. Terus perform, profilnya, kemudian sikap itu menjadi bagian standar nanti yang saya putuskan. Dan utama adalah bisa mengikuti ritme kerja saya dan wabup," jelasnya.

Dalam menentukan pilihan, dirinya juga menerima masukan dari berbagai pihak. "Saya menerima masukan, tapi yang berkeputusan saya," pungkasnya.

Keempat calon itu adalah Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Agus Triyono yang juga menjadi Penjabat (Pj) Sekda. Kemudian Kepala Dinas Perdagangan, Hairil Diani, Kepala Dinas Perikanan, Agus Widarto, dan Dinas Penanaman Modal dan pelayanan Terpadu Satu Pintu, Akhmad Taufik Hidayat.(cho)