Empat Hari Kebakaran Landa Hutan di Lumajang

Kebakaran hutan. (*) 
Lumajang, Motim - Kebakaran melanda kawasan hutan di Lumajang dalam empat hari berturut-turut, sejak Minggu (19/10). Kebakaran itu terjadi di sejumlah titik. Dari Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, di hari Minggu kebakaran terjadi di hutan wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Tepatnya di Desa Ranupani Kecamatan Senduro. 

Petugas gabungan bersama relawan melakukan pemadaman di sana selama dua hari. Jalur Lumajang-Malang via Ranupani pun sempat terganggu karena asap kebakaran.

Kemudian Senin (21/10), kebakaran melanda hutan di kawasan Gunung Lemongan atau masuk wilayah Perhutani. Tepatnya di Desa Alun-Alun Kecamatan Ranuyoso. Api yang menyambar 10 hektare lebih itu berhasil dipadamkan hari itu.

Keesokan harinya, Selasa (22/10) kebakaran terjadi lagi di wilayah Perhutani di lokasi berbeda, yakni di Kecamatan Pasrujambe. Kebakaran juga mampu diatasi di hari itu.

Hari Rabu (23/10), BPBD Lumajang kembali melaporkan adanya kebakaran hutan di kawasan TNBTS. Kebakaran terjadi sekitar Puncak B29 Desa Argosari Kecamatan Senduro. "Saat ini petugas dan relawan masih melakukan upaya pemadaman di sana," kata Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Logistik BPBD Lumajang Wawan Hadi Siswoyo.

Menurutnya kebakaran di TNBTS terjadi karena fenomena alam. Cuaca panas akhir-akhir ini membuat kekeringan di hutan. Sehingga rawan terbakar. (fit)