Enam Kecamatan di Lumajang Masih Kesulitan Air

Warga mengantre mendapatkan air bersih. (*)
Lumajang, Motim - Setiap tahun, sudah bisa dipastikan kekeringan melanda Kabupaten Lumajang saat memasuki musim kemarau. Hingga saat ini pun, masih ada 6 kecamatan yang mengalami kesulitan air bersih.

Laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, wilayah yang masih terdampak diantaranya di Kecamatan Ranuyoso, Klakah, Randuagung, Padang, Kedungjajang, dan Gucialit.

Untuk mencukupi kebutuhan air bersih warga, Pemkab Lumajang melalui BPBD menyuplai air setiap hari ke wilayah yang terdampak. Sejumlah mobil tangki dikerahkan ke desa-desa yang terdampak.

"Untuk droping air bersih masih dilakukan," kata Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Logistik BPBD Lumajang Wawan Hadi Siswoyo, Senin (21/10) pada Memo Timur.

Dari 6 kecamatan itu, total ada 18 desa yang harus disuplai air bersih oleh BPBD. Kemudian ada 4 desa lainnya yang bersedia menyuplai air sendiri dengan pinjam pakai mobil tangkai dari BPBD.

Suplai air bersih itu sudah dilakukan sejak kekeringan melanda Lumajang pada Juni lalu. Rencananya akan terus dilakukan hingga November. "Karena prediksi bulan depan sudah hujan," ucapnya. (fit)