GenBI Jember Bantu Lestarikan Ranu Klakah

GenBI Jember melaksanakan kegiatan di Ranu Klakah. (fit)
Lumajang, Motim - Generasi Baru Indonesia (GenBI) Jember melaksanakan kegiatan positif di Ranu Klakah, Kamis (17/10). Mereka ikut membantu melestarikan destinasi wisata yang berada di kaki Gunung Lemongan itu.

Komunitas mahasiswa penerima beasiswa dari Bank Indonesia (BI) ini melakukan bersih-bersih di sekitar ranu. Kemudian membagikan benih ikan pada pembudidaya ikan disana. Serta menebar benih ikan di ranu. Totalnya sebanyak 50 ribu ekor.

Ketua Umum GenBI Jember Nur Rifa menyampaikan, kegiatan dengan tajuk Bersih Indonesia ini digelar di tiga kabupaten. Selain Lumajang, ada di Situbondo dan Banyuwangi. Khusus Lumajang, juga digelar Workshop Penguatan Ekonomi dan Pariwisata serta Mural Art.

“Kita berharap besar masyarakat di sini mengelola Ranu Klakah bisa lebih baik kedepannya. Dengan ikan-ikan yang kita restocking. Semoga lebih bermanfaat bagi warga yang ada di sini,” katanya,

Pihaknya memilih Ranu Klakah sebagai tempat kegiatan, karena melihat potensi di sana yang luar biasa. Utamanya potensi ikan yang dinilai memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan di tempat lain.

“Di sini kita melihat potensi ikannya juga bagus,” ujarnya.

Perwakilan BI Jember Febrina mengatakan, pihaknya mendukung kegiatan yang dilakukan oleh GenBI Jember. Karena itu bisa membatu pemeritah daerah setempat untuk pengembangan wisata.

“Karena pariwisata adalah salahsatu sektor untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD),” katanya.

Sementara Asisten Ekonomi dan Pembangunan Yos Sudarso yang hadir dalam kesempatan itu, berterimakasih banyak kepada GenBI atas kegiatan tersebut. Karena sesuai dengan program dari Pemkab Lumajang untuk meningkatkan kepariwisataan.

“Diantaranya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata. Agar lebih lama tinggal di Lumajang. Sehingga bisa lebih banyak belanja di Lumajang. Otomastis masyarakat Lumajang bisa lebih makmur,” ujarnya. (fit)