Hairil Gugur, 3 Calon Sekda Sudah Disodorkan ke Bupati

Bupati Lumajang Thoriqul Haq. (fit)
Lumajang, Motim - Proses seleksi Sekretaris Daerah (Sekda) Lumajang telah dilakukan oleh Tim Pansel. Hasilnya, sudah muncul tiga nama terbaik yang disodorkan ke Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Dari empat calon yang mendaftar sebelumnya, Kepala Dinas Perdagangan Hairil Diani harus gugur. Ia tak masuk dalam tiga nama calon terbaik. Selanjutnya Bupati Lumajang Thoriqul Haq berhak memilih satu dari tiga nama itu.

Tiga nama calon itu diantaranya Kepala Badan Kepegawaian Daerah Agus Triyono, Kepala Dinas Perikanan Agus Widarto, serta Kepala Dinas Penanaman Modal dan pelayanan Terpadu Satu Pintu Akhmad Taufik Hidayat.

Bupati menegaskan, nama-nama yang disodorkan ini berdasarkan hasil uji kompetensi yang telah dilakukan. Ketiganya memiliki nilai yang dianggap layak atau sudah sesuai dengan standar.

"Gradenya sudah diputuskan. Ini hasil akhir nilainya," katanya pada wartawan, Jumat (18/10).

Selanjutnya, dalam waktu dekat Ia akan segera mengumumkan satu nama yang dipilihnya. "Saya berkeinginan lebih cepat. Kira-kira Senin (21/10) akan saya putuskan secara terbuka," ujarnya.

Namun setelah Ia memilih satu nama itu, tidak serta merta langsung ditetapkan sebagai sekda definitif. Masih ada tahapan yang perlu dilalui. Karena harus ditindaklanjuti ke Gubernur Jawa Timur dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

"Harus dapat persetujuan KASN. Dan ditetapkan Gubernur Jatim," lanjutnya.

Thoriq menambahkan, proses selanjutnya tidak butuh waktu lama. Karena sudah terjadwal. Awal November pelantikan sudah harus dilakukan. "1 November pelantikannya. Ini jadwalnya yang telah ditentukan," pungkasnya. (fit)