Hari ke 8 Ops Zebra Tilang 1200 Pengendara Bermotor

Lumajang, Motim - Sedikitnya ada 1200 pengendara kendaraan bermotor ditindak tegas dengan surat tilang oleh anggota Satuan Lalulintas Polres Lumajang, saat menggelar Operasi Zebra 2019.
Pengendara sepeda motor saat ditindak tegas
Pengendara sepeda motor saat ditindak tegas
Hal ini diutarakan Kasat Lantas Polres Lumajang, AKP I Gede Putu Atma Giri, SH melalui Kaur Bin Ops Satlantas, Iptu Joko Triono saat dikonfirmasi Memo Timur menuturkan, untuk penindakan yang dilakukan selama pelaksanaan awal Operasi Zebra hingga hari ke 8 ini, sudah banyak pelanggaran yang berhasil ditindak oleh anggota Satlantas.

Penindakan itu dilakukan pada Operasi Zebra yang dilakukan pada pagi, siang, sore hari juga malam hari. “Khusus operasi malam hari sasaran adalah pelaku begal juga pelaku kejahatan lainnya,” tuturnya.

Untuk kejadian lakalantas ditahun 2018 lalu kata KBO ada 8, yang meninggal dunia 3 untuk luka berat 2 dan luka ringan 6. sementara untuk kerugian material sekitar 20 juta.

Sedang kejadian lakalantas di tahun 2019 hanya ada 1 dengan luka ringan 2. “Sementara kerugian materi 500 ribu,” terangnya.

Lanjut Joko, dengan adanya penurunan angka kecelakaan dalam Operasi Zebra tahun 2019 menunjukan jika masyarakat Lumajang mulai paham akan tata tertib berlalulintas.

“Semoga bukan hanya saat ada operasi angka pelanggaran dan kecelakaan turun drastis Mas, tetapi untuk kedepannya masyarakat lebih taat baik itu ada petugas maupun tidak ada petugas, tertib berlalulintas tetap dikedepankan oleh pengguna jalan,” ungkapnya.

Ditanya tindakan apa saja yang disasar, selain surat kendaraan, pihaknya juga akan menindak pengguna jalan yang mabuk, menggunakan HandPhone dan berboncengan lebih dari dua.

“Pelanggaran kasat mata akan langsung kami lakukan tindakan tegas dengan surat tilang, dan tidak ada toleransi Mas,” pungkas Joko.(cho)