Hutan di Kawasan TNBTS Kembali Terbakar

Petugas berupaya memadamkan api. (*) 
Lumajang, Motim - Kebakaran kembali melanda hutan di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Kali ini kebakaran di sejumlah titik, salahsatunya terjadi di Blok Bantengan. Akibatnya, jalur Lumajang-Malang via Ranupani sempat terganggu.

Kebakaran itu terjadi sejak Minggu (20/10) dini hari. Petugas gabungan sudah dikerahkan untuk melakukan upaya pemadaman sejak pagi hingga sore hari. Kemudian dilanjutkan kembali Senin (21/10).

Petugas pun berusaha memadamkan api di titik yang bisa untuk dijangkau. Sementara untuk pengendara yang melintas di sana wajib berhati-hati saat melintas di sana. Karena asap juga bisa menganggu perjalanan.

"Jalur sudah aman tapi masih ada asap dan harus berhati-hati," kata Kepala Bidang Kesiapsiagaan, Logistik, dan Bencana Alam Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang Wawan Hadi Siswoyo.

Proses pemadaman yang dilakukan petugas diketahui juga cukup sulit. Lantaran titik api juga ada di area yang membahayakan. Sementara sumber air dengan lokasi juga lumayan jauh. "Sekitar 4 kilometer," ucapnya.

Selain itu, kebakaran juga terjadi di hutan di Desa Alun-Alun Kecamatan Ranuyoso. Itu merupakan hutan lindung yang menjadi wewenang Perhutani. Namun kebakaran mampu dipdamkan di hari itu juga. (fit)