Jadi Korban Kerusuhan di Wamena, Warga Lumajang Alami Luka-luka

Lumajang, Motim - Jumlah warga Lumajang di Wamena-Papua yang sudah dipulangkan terus bertambah. Mereka harus mengungsi dan minta pulang ke Lumajang, karena trauma atas kerusuhan yang terjadi di sana.
Korban kerusuhan di Wamena asal Lumajang
Korban kerusuhan di Wamena asal Lumajang
Bahkan ada 2 warga Lumajang yang harus menjadi korban hingga mengalami luka-luka. Keduanya juga sudah dipulangkan bersama dengan warga Lumajang lainnya. Mereka tiba di Bandar Udara Juanda Surabaya, Jumat (11/10) lalu.

Bupati dan Wakil Bupati Lumajang menjemput langsung kedatangan 11 warga itu di bandara. Selanjutnya kepulangan mereka difasilitasi oleh Pemkab menuju Lumajang.

"Dua dari sebelas korban kerusuhan di Wamena kondisinya harus mendapatkan perawatan, karena mengalami luka akibat lemparan batu dan percikan kebakaran," ujar Bupati Thoriq.

Pemkab Lumajang juga siap membantu para korban jika memerlukan perawatan lanjutan. Biaya perawatan akan ditanggung oleh pemerintah. "Hal itu merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Pemkab Lumajang," ucapnya.

Pemantauan warga Lumajang yang masih di Papua juga terus dilakukan. "Selanjutnya pemkab akan melakukan observasi, dan untuk masyarakat yang masih dirawat di Papua akan terus dipantau dari Lumajang," pungkasnya. (fit)