Kebakaran di Hutan Perhutani Diduga Sengaja Dibakar

Kebakaran hutan di wilayah Perhutani. (*) 
Lumajang, Motim - Kebakaran hutan sempat terjadi di wilayah Perhutani di Lumajang. Kebakaran terjadi di dua lokasi berbeda. Di kawasan Gunung Lemongan tepatnya di Desa Alun-Alun Kecamatan Ranuyoso, Senin (21/10) dan kawasan Kecamatan Pasujambe, Selasa (22/10).

Beruntung petugas gabungan melakukan gerak cepat. Sehingga api dengan cepat dipadamkan di hari itu juga. Serta bisa menghindari meluasnya hutan yang terbakar. “Sudah mati apinya,” Waka Perum Perhutani Lumajang Yus Yaser, Rabu (23/10).

Ia menilai kebakaran yang terjadi di dua lokasi itu bukan karena fenomena alam. Namun diduga ada unsur kesengajaan yang dilakukan oleh seseorang. “Paling ada orang yang iseng,” ucapnya pada Memo Timur.

Menurutnya pelaku sengaja membakar hutan wilayah Perhutani untuk memanfaatnya menjadi lahan baru di. “Biasanya gitu untuk membuka lahan,” ucapnya saat ditanya melalui sambungan telepon.

Namun Ia mengaku sulit untuk mengungkap siapa pelaku pembakaran hutan. Sehingga tentunya diakui sulit pula untuk menagkap siapa pelakunya. “Untuk pelakunya giman nangkapnya, sulit,” ujarnya.

Ia menegaskan, selama ini pihaknya sudah melakukan penjagaan secara maksimal. Patroli juga sudah dilakukan untuk menjaga hutan di kawasan Perhutani. “Kalau siaga 24 jam kita,” tambahnya. (fit)