Kualitas Kamera CCTV di Lumajang Belum Optimal

Plt Kepala Dishub Lumajang Nugraha Yudha. (*)
Lumajang, Motim - Kualitas kamera pengintai atau CCTV yang dimiliki Dinas Perhubungan (Dishub) Lumajang masih belum optimal. Karena semua kamera yang dipasang di beberapa titik itu, kualitas kameranya 4 pixel.

“Yang paling maksimal yang kami punya itu kamera 4 pixel. Kalau kita zoom itu pecah,” kata Plt Kepala Dishub Lumajang Nugraha Yudha pada media.

Sehingga nantinya pihaknya akan mengusulkan untuk pengadaan kamera yang lebih bagus kualitasnya. “Tahun ini kami akan mengusulkan, untuk yang lebih bagus. Seperti diketahui perkembangan teknologi sangat cepat,” ujarnya.

Namun untuk kualias yang lebih bagus tentunya juga berdampak pada harga kamera itu sendiri. “Semakin tinggi kualitas kamrea, juga semakin mahal harganya,” jelas dia.

Sejauh ini, kamera yang telah dipasang, menurut dia fungsi utamanya untuk Sistem Kendali Lalu lintas Kendaraan atau Area Traffic Control System (ATCS). Misalnya ada kendaraan yang tidak tertib, maka sopirnya akan diingatkan.

“Misalnya kita pantau ada truk pasir yang tidak terpal. Kan terpantau, akhirnya kita hentikan di depan kantor untuk menutup itu. Termasuk itu angkutan barang yang dianaiki orang,” kata Nugraha.

Ia menjelaskan, fungsi utama dari kamera itu bukan untuk untuk mengatasi kriminalitas. “Kalau fungsi untuk menekan angka kriminalitas, adalah bonus dari itu. Fungsi utamanya adalah untuk penataan lalu lintas,” pungkasnya. (fit)