Lumajang Punya Teh Kualitas Ekspor

Pabrik Teh Kertowono Gucialit. (*)
Lumajang, Motim - Potensi teh di Lumajang memang begitu besar. Diketahui Pabrik Teh Kertowono Gucialit mampu memproduksi teh dengan kualitas ekspor. Namun selama ini, tidak banyak yang tahu, jika Lumajang memiliki teh berkualitas itu.

“Kertowono ini punya satu jenis teh yang luar biasa namanya white tea yang manfaatnya cukup banyak buat kesehatan. Teh ini menjadi unggulan karena kualitas ekspor,” kata Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati saat berkunjung ke PTPN XII Kertowono.

Direktur Operasional PTPN XII Kertowono, Anis Febrianto menyampaikan, pabrik teh di Lumajang adalah salahsatu yang terbaik di Indonesia. Karena dengan tingkat mutu teh yang paling bagus.

Untuk itu, pengembang potensi wisata dengan mengangkat Kertowono menjadi destinasi wisata baru sangat tepat. Harapannya kedepan wisata edukasi ini dapat membawa dampak yang baik buat perekonomian masyarakat Lumajang.

"Kenapa pengembangan proses wisata edukasi ini harus ada, karena masyarakat Lumajang harus mengetahui bahwa kemungkinan pabrik teh yang memproduksi white tea di Jawa Timur hanya di Kertowono saja," ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut, Wakil Bupati menyampaikan bahwa Pemkab Lumajang akan melakukan kerjasama dengan PTPN XII Kertowono untuk perkembangan pariwisata dan ketahanan pangan. (fit)