Maklumat Kapolres Terkait Pilkades Harus Disosialisasikan Meluas


Lumajang, Motim - Kapolres Lumajang, AKBP M. Arsal Sahban telah mengeluarkan maklumat terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Lumajang. Maklumat itu dinilai perlu disosialisasikan secara meluas.


“Saya usul agar maklumat ini dibuatkan banner dan ditempatkan di tempat-tempat strategis di tiap desa yang menyelenggarakan Pilkades agar semua warga dan calon kades bisa membacanya,” kata Dummy Hidayat SH, tokoh masyarakat Desa Gesang Kecamatan Tempeh.

Dengan sosialisasi secara meluas itu, berharap semua desa bisa menjalankan Pilkades sesuai isi Maklumat tersebut. “Sehingga bisa meminimalisir kecurangan politik uang, gesekan antar pendukung, dan calon takut untuk berbuat curang,” advokat yang berkantor di Malang itu.

Tak hanya itu, dirinya juga yakin Maklumat itu bisa menekan adanya intimidasi kepada warga. “Sehingga tidak ada ancaman kepada warga oleh preman-preman, para penjudi bisa takut,” ujar Dummy.

Ketika Maklumat Kapolres tersebut benar-benar disosialisasikan secara meluas, harapan Pilkades di Lumajang yang aman bisa benar-benar terwujud. Insyaallah berjalannya Pilkades serentak di Lumajang bisa berjalan lancar, aman dan tertib,” pungkasnya.

Seperti diketahui, dalam Maklumat Kapolres itu ada 10 poin. Diantaranya para calon kepala desa harus siap kalah dan siap menang. Kemudian calon kepala desa tidak boleh menggunakan kekuatan preman untuk menggagalkan hasil Pilkades.

Selanjutnya masyarakat dilarang melakukan penjudian dalam Pilkades. Polres juga akan menindak tegas sipapapun yang sengaja membuat resah, melakukan pengancaman dan menganggu keamanan serta ketertiban. (fit)