Maling HP di Rumah Sri Diringkus Petugas

Lumang, Motim - Unit Reserse Kriminal Polres Lumajang berhasil mengungkap aksi pencurian Hand Phone yang dialami oleh seorang ibu rumah tangga bernama Sri Sunarsih (52), warga Dusun Langkapan, Desa/Kecamatan Tempursari.
Pencuri dan penadah hp
Pencuri dan penadah hp
Selain mengamankan barang bukti berupa 2 buah Handphone merk Oppo dan 1 unit sepeda motor Honda Supra juga mengamankan pencurinya diketahui bernama Suroto Adi Suprayitno (30), warga yang sama.

Petugas juga mengamankan Prayogi Setyo Nugroho (26), warga yang sama, dalam kasus ini dia berperan sebagai penadah barang curian berupa HP.

"Kami juga mengamankan seorang pemuda di bawah umur inisial Jr dalam kasus juga membeli salah satu HP curian pelaku. Karena di bawah umur ditangani unit PPA Polres Lumajang Mas," kata Kapolsek Tempursari, Iptu Harianto, SH, MH.

Ceritanya, pada Senin (9/9), yang lalu pelaku Suroto ini masuk ke dalam rumah korban dengan cara memanjat pagar terus melewati ventilasi.

Saat berada di dalam rumah korban, korban terus mengambil dua buah HP milik korban lalu kabur lewat pintu rumah sebelah kiri. "Saat kejadian itu korban sedang tidur," terangnya.

Tak lama kemudian korban bangun. Betapa kagetnya ketika melihat dua buah HP nya tidak ada. Yakin dicuri maling, korban terus melaporkan nasib yang menimpanya ke Polsek Tempursari.

Dari hasil penyelidikan 1 buah HP milik korban berada di Prayogi satu lagi berada di Jr. Saat ditanya, keduanya mengaku membeli dari Suroto.

Berdasarkan keterangan itulah pihaknya terus mencari keberadaan Suroto lalu menangkapnya. Saat diinterogasi, Suroto mengakui jika dirinya yang mencuri HP milik korban lalu dijual ke Prayogi dan Jr.

Saat ditanya uang hasil penjualan HP digunakan untuk apa, Suroto mengaku untuk beli sepeda motor Honda Supra yang juga sudah diamankan.

"Pencurinya dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian, sedang pembelinya dijerat pasal 480 KUHP tentang penadahan barang hasil kejahatan," jelasnya.(cho)