Nama Ranu Klakah Akan Segera Diubah

Ranu Klakah. (fit)
Lumajang, Motim - Pemkab Lumajang memiliki wacana untuk perubahan nama Ranu Klakah menjadi Ranu Lemongan. Ada beberapa hal yang medasari Pemkab Lumajang untuk perubahan nama destinasi wisata di kaki Gunung Lemongan itu.

“Dulu ini nama aslinya Ranu Lemongan, kedepan kita akan promosikan bukan menjadi Ranu Klakah tapi sebagai Ranu Lemongan. Karena backgroundnya ranu itu Gunung Lemongan,” kata Asisten Ekonomi dan Pembangunan Yos Sudarso saat berkunjung ke Ranu Klakah.

Menurutnya Ranu Klakah akan lebih dikembangkan. Bahkan saat ini Bupati Lumajang Thoriqul Haq sudah menunjuk bawahannya untuk mengambar rancangan Ranu Klakah di masa yang akan datang.

“Tahun depan akan diwujudkan, sehingga tempat ini betu-betul menjadi daya tarik wisata spektakuler untuk Lumajang,” ucapnya.

Hal lain yang menjadi alasan karena tahun depan, kemungkinan sudah ada Tol Probolinggo-Lumajang yang melintas tak jauh dari Ranu Klakah. Sehingga ranu di Desa Tegalrandu Kecamatan Klakah itu harus dioptimalkan.

“Kita bayangkan tolnya lewat dekat sini. Kalau kita bayangkan seperti itu, betapa menariknya Ranu Klakah,” ucapnya.

Namun saat ini pendapatan tiket dari Ranu Klakah yang dikola Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lumajang sangat belum maksimal. Khusus di hari-hari biasa, sangat sedikit jumlah pengunjung di sana.

“Iya saat ini, belum sesuai dengan yang diharapkan. Jadi satu hari paling 20 orang. Tidak terlalu banyak di hari biasa. Kalau hari Sabtu dan Ahad memang hari traveling, itu memang cukup banyak,” jelasnya.

Yos Sudarso menambahkan, yang terpenting dari destinasi wisata bukan hanya kunjungan. Namun juga perputaran uang di sekitarnya. “Yang penting itu belanjanya. Tapi sekarang mereka itu sekadar lewat, tidak belanja,” pungkasnya. (fit)