Pemilik Izin Tambang Pasir Wajib Asuransikan Pekerjanya

Lumajang, Motim - Pemilik Ijin Usaha Pertambangan (IUP) di Lumajang wajib mengikutsertakan para pekerjanya asuransi. Sebagai antisipasi hal buruk yang bisa menimpa para pekerja tambang. Seperti diketahui, sudah berulang kali kecelakaan kerja di lokasi tambang pasir di Lumajang terjadi.
Tambang Pasir
Tambang Pasir
Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menegaskan, selain taat pajak, kewajiban lain pemilik izin memang mengikutsertakan pekerjanya di BPJS Ketenagakerjaan. Karena, menurutnya seluruh tenaga kerja berhak mendapatkan perlindungan saat bekerja.

“Kemarin ada tenaga kerja kontrak mengalami kecelakaan kerja. Semua biaya pengobatan, operasi, dan pemulihan ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan. Ini sangat membantu,” kata bunda mencontohkan.

Hal itu Ia sampaikan saat Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan dan Evaluasi Kepatuhan Pemenuhan Kewajiban Pemegang IUP di Lumajang yang dihadiri seluruh pemegang izin tambang, Selasa (8/10), di Ruang Pertemuan Kantor BPKD.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Lumajang, Suharwoko menambahkan, tujuan dilaksanakannya sosialisasi tersebut, adalah memberikan pemahaman kepada pemegang IUP. Terkait kewajiban jaminan sosial yang bekerja di pertambangan.

“Serta, melakukan evaluasi kepatuhan pemegang IUP terkait kewajiban yang harus dilaksanakan, sesuai dengan perundang-undangan,” katanya. (fit)