Peringati Hari Sumpah Pemuda, Desa Karangsari Gelar Karnaval

Salahsatu peserta Karnaval Desa Karangsari. (fit)
Lumajang, Motim - Untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda 2019, Pemerintah Desa Karangsari Kecamatan Sukodono menggelar karnaval, Sabtu (26/10). Karnaval itu berjalan sangat meriah. Peserta tampil dengan semangat, antusias warga masyatakat untuk menonton juga begitu tinggi.

Dalam karnaval kali ini total ada 34 peserta. Mereka dari 13 Rukun Warga (RW) yang ada. Kemudian Sekolah Dasar (SD) dan Taman Kanak-kanak (TK) di Karangsari. Juga ada peserta kehormatan dari SMP/SMA Wahidiyah Senduro.

"Tiap RW bisa mengeluarkan lebih dari satu peserta," kata Vicky Firman Rozaqi, Panitia Karnaval Karangsari.

Para peserta tampil dengan semangat karena penampilan mereka dinilai untuk merebutkan Piala Kepala Desa Karangsari. Jurinya juga kompeten karena didatangkan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lumajang.

Para peserta berangkat dari garis start di Jl. Lamongan dan garis finish di Jl. Salak. Kepala Desa Karangsari Bahrul Arif Ubaidillah yang memberangkatkan peserta pukul 1 siang. Hadir juga dalam kesempatan itu Camat Sukodono Bayu Ruswantoro dan Kapolsek Sukodono Achmad Sutiyo.

Masyarakat yang menonton disuguhi ragam penampilan dari peserta. Ada drumband, drama kolosal, tari tradisional, tari modern, dan pertunjukkan lainnya. Kostum peserta juga unik-unik. Ada yang memanfaatkan daur ulang sampah menjadi kostum yang keren.

Setelah proses panjang, juri pun memutuskan para pemenang. Untuk tingkat TK, Juara 1 disabet TK Wahidiyah, Juara 2 TK Al Fatah, dan Juara 3 TK Dharma Wanita. Tingkat SD, Juara 1 disabet SDN 02, Juara 2 SDN 03, dan Juara 3 SDN 01. Tingkat RW, Juara 1 RW 08, Juara 2 RW 02, Juara 3 RW 12, dan Juara Harapan 1 RW 06.

Tahun depan, rencananya karnaval akan digelar kembali. "Rencananya akan digelar setiap tahun atau dua tahun sekali," kata Vicky. Seperti diketahui ini merupakan karnaval yang pertama kalinya digelar di Desa Karangsari. (fit)