Perlu Pengawasan Ekstra Penggunaan Gadget pada Anak

Desa/Kelurahan Layak Anak. (*) 
Lumajang, Motim - Asisten Administrasi Setda Kabupaten Lumajang Nugroho Dwi Atmoko menyampaikan, saat ini, sangat penting dilakukan upaya pengawasan dan pendampingan terhadap tumbuh kembang anak. Termasuk dalam perkembangan teknologi khusus penggunaan gadget pada anak.

Menurut dia, saat ini, pemenuhan hak-hak anak telah menjadi sebuah kebutuhan, mengingat perkembangan teknologi yang pesat sudah mulai menggerogoti perkembangan anak. Nugroho berharap agar kegiatan Kabupaten Layak Anak tersebut tidak hanya menjadi kebutuhan administrasi saja.

“Namun dapat diimplemantasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga hak-hak anak dapat terpenuhi,” katanya dalam Acara Desa/Kelurahan Layak Anak (DEKELA) 2019 di Gedung Panti PKK Rabu (23/10).

"Saya harap Kabupaten Layak Anak bukan hanya sebagai predikat diatas kertas, namun juga bisa diimplemantasikan pada kehidupan sehari-hari. Kita bukan dalam konteks dadakan, bukan dalam pokoknya ada,tapi dalam bentuk yang nyata dan harus diwujudkan secara konsisten," harapnya.

Ia menambahkan, bahwa kegiatan Kabupaten Layak Anak telah digagas cukup lama, yakni sejak diterbitkannya Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. Dan, di Kabupaten Lumajang, sejak tahun 2017 hingga saat ini telah mendapatkan predikat sebagai Kabupaten Layak Anak tiga kali berturut-turut dengan kategori pratama.

Sementara itu, Plt Kepala Disdalduk KB dan PP Lumajang Hendro Agung mengatakan, kegiatan Kelurahan/Desa Layak Anak merupakan salah satu upaya untuk membangun komitmen ASN yang berada pada pemerintahan desa/kelurahan serta kecamatan, agar dapat memahami pemenuhan hak anak untuk kepentingan terbaik anak. (fit)