Personil Ditambah untuk Padamkan Kebakaran di Semeru

Lumajang, Motim - Upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan di kawasan Gunung Semeru terus dilakukan. Bahkan jumlah personil telah ditambah. Diantaranya dari TNBTS, Kodim, Polres, BPBD, relawan, kecamatan, dan juga warga.
Upaya pemadaman di Gunung Semeru
Upaya pemadaman di Gunung Semeru
Setelah menggelar Salat Istisqa, Selasa (1/10), personil gabungan terjun ke titik api yang dapat dijangkau. Bahkan Kapolres Lumajang AKPB M. Arsal Sahban dan Koamdan Kodim 0821 Letkol Inf Ahmad Fauzi ikut memadamkan.

Dari laporan terakhir yang diterima Memo Timur, sesuai pemangatan visual, titik api yang terlihat diantaranya berada di Pos 1, Pos 1, Arcopodo, Watu Tulis, Bantengan, Ayak-ayak, Jambangan, dan Gunung Gepulo.

“Untuk Tim BPBD Lumajang mendapatkan tugas memadamkan di area Bentengan,” kata Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Logistik BPBD Lumajang, Rabu (2/10).

Kapolres Lumajang menegaskan, personil gabungan maupun relawan yang bergerak melakukan pemadaman mencapai ratusan orang. “Ada ratusan orang termasuk dari para pecinta alam,” ucapnya.

Ia menejelaskan, yang terbakar rata-rata adalah semak belukar. Ada lokasinya yang sulit dijangkau karena berada di kemiringan hingga 70 derajat. “Ada pohon-pohon besar itu tidak terbakar, hanya hitam saja tapi tidak mati,” jelasnya.

Pihaknya juga berusa memadamkan api hingga benar-benar mati. “Ada beberapa spot api yang kita padamkan. Walau terlihat abu, di dalamnya ada asap. Itu harus benar-benar kita padamkan,” pungkasnya. (fit)