Ratusan Peserta Ikuti Upacara Hari Sumpah Pemuda di Ranu Regulo

Lumajang, Motim - Pada tahun-tahun sebelumnya, Ranu Kumbolo dipakai sebagai tempat untuk menggelar Upacara Hari Sumpah Pemuda. Namun pasca adanya kebakaran dan jalur pendakian ditutup, maka upacara digelar di Ranu Regulo, Desa Ranu Pani Kecamatan Senduro, Senin (28/10).
Upacara Hari Sumpah Pemuda di Ranu Regulo
Upacara Hari Sumpah Pemuda di Ranu Regulo
Dalam upacara sumpah pemuda ini, setidaknya ada sekitar 250 peserta yang terdiri dari unsur TNI, Kepolisian, ASN Pemkab. Lumajang, Mahasiswa, pelajar dan masyarakat pecinta lingkungan.

Ranu Regulo dipilih sebagai tempat upacara sekaligus untuk memperkenalkan keindahan wisata ranu atau danau yang tak kalah dengan Ranu Kumbolo. Kepala Staf Kodim 0821/Lumajang, Mayor Inf. Rinanto bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Ia menjelaskan, Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema Bersatu Kita Maju. Tema tersebut mengandung maksud untuk menegaskan kembali komitmen para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Menurutnya hanya dengan persatuan, bangsa Indonesia dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

“Tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa, namun bagi pemuda menjadi keharusan, karena di tangan pemudalah Indonesia akan maju,” tegasnya.

Seperti dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali, Ia menyampaikan, pemuda Indonesia diharapkan dapat memiliki karakter, kapasitas dan kreatifitas inovasi, mandiri, inspiratif. Serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

Canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi diharapkan dapat menjadi wadah para pemuda Indonesia untuk menunjukkan seberapa besar potensi yang dimiliki pemuda Indonesia. Di sinilah diharapkan para pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam bentuk yang positif.

“Pemuda adalah harapan bangsa dan negara, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukkan dunia, Saya berharap kedepan muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia,” harapnya. (fit)