Rawan Kebakaran, Alat Pemadam Harus Dipastikan Berfungsi

Pengecekan Alat Pemadam Api Ringan. (fit)
Lumajang, Motim - Satpol PP Lumajang mengunjungi instansi pemerintahan, swasta, dan juga perusahaan di Kecamatan Pronojiwo, Selasa (15/10). Mereka ingin memastikan jika Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang ada berfungsi sebagai mana mestinya.

Teknisi Damkar, M. Ikhwan, mengingatkan agar lebih waspada terhadap kemungkinan terjadinya bahaya kebakaran. Ia juga mengajarkan teknis menggunakan APAR kepada petugas di masing-masing instansi dan perusahaan yang dikunjungi.

“APAR juga harus sering dikontrol, setidaknya setiap bulan, sambil mengecek masa aktifnya. Sebab, jika alat tersebut habis masa aktifnya (expired). Artinya, jika APAR telah, maka tidak bisa digunakan, jika ada bencana kebakaran,” katanya.

Kasi Linmas Satpol PP Abdul Ghofar, menegaskan, hal ini dilakukan karena saat ini masih memasuki musim kemarau yang relatif panjang. “Sehingga antisipasi perlu ditingkatkan terkait rawan terjadinya bahaya kebakaran,” katanya.

Sementara Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Satpol PP Nanang Bashori menambahkan, kegiatan itu dilakukan sebagai upaya menyadarkan mereka terhadap pentingnya kepedulian dan antisipasi terhadap bahaya kebakaran yang bisa timbul setiap saat di manapun. (fit)