Situs Biting Dilirik Jadi Cagar Budaya Nasional

Lumajang, Motim - Situs Biting dilirik, untuk ditetapkan menjadi Cagar Budaya Nasional. Selama ini, situs di Desa Ketorenon, Kecamatan Sukodono itu hanya tercatat sebagai Cagar Budaya di tingkat provinsi saja.
Situs Biting
Situs Biting
Saat ini tim dari pusat sudah turun ke lokasi. Mereka melakukan pengkajian di sana. Sebelum benar-benar memutuskan situs yang disebut-sebut peninggalan di masa Majapahit itu sebagai Cagar Budaya Nasional.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebidayaan (Disparbud) Lumajang, Drs. Nanang Tedjo Lelono menyampaikan, tim dari pusat itu diantaranya melakukan pendataan ulang.

“Situs Biting itu kan sudah ditetapkan (cagar budaya) tapi peringkat provinsi. Sehingga dari nasional datang ke sini, mau meningkatkan statusnya menjadi Cagar Budaya Nasional,” katanya pada Memo Timur, Kamis (10/10).

Lanjut dia, pihaknya hanya memfasilitasi saja selama tim tersebut ada di Lumajang. “Mereka sendiri yang malukan, kita yang memfasilitasi. Kita memberikan data-data yang ada di kita. Mereka seperti mengakaji ulang,” ungkapnya.

Ia pun berharap, Situs Biting benar-benar bisa masuk menjadi Cagar Budaya Nasional. Karena akan banyak keuntungan yang didapat, keberadaraan situs tersebut agar lebih diperhatikan kedepannya.

“Harapan kami ketika sudah nasional, paling tidak ada dana pemeliharaan, karena sekarang ini agak terlantar,” pungkasnya. (fit)