Tak Berpenghuni, Rumah di Desa Sumberwuluh Terbakar

Lumajang, Motim - Kebakaran kembali melanda rumah di Lumajang. Rumah di Dusun Sumberwuluh Tengah, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro itu sudah tak berpenghuni. Peristiwa terjadi Selasa (8/10) malam.
Kebakaran rumah di Desa Sumberwuluh
Kebakaran rumah di Desa Sumberwuluh
Laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, api pertama kali muncul di rumah milik Bambang itu sekitar pukul 8 malam. Pemiliknya yang tinggal di rumah sebelahnya, yang mengetahui awal munculnya api.

“Saat kebakaran, pemilik ada di dalam rumah yang berada di sebelah rumah yang terbakar. Pemilik melihat adanya kobaran api yang besar di belakang rumah kosong tersebut,” kata Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Logistik, Wawan Hadi Siswoyo, Rabu (9/10).

Mengetahui hal itu, dirinya berusaha meminta bantuan warga lain untuk upaya pemadaman. “Spontan Bapak Bambang berlari keluar rumah untuk mencari bantuan. Api dipadamkan oleh warga secara gotong royong,” jelasnya.

Namun tak lama, petugas pemadam kebakaran yang mendapat laporan tersebut, tiba di lokasi. Sehingga tak membutuhkan waktu yang lama, api benar-benar padam total. “Api dapat dipadamkan pukul 21.40,” ujarnya.

Diduga api muncul karena adanya konseleting listrik. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun atap rumah dan garasi ludes terbakar. “Pemilik rumah tidak mempermasalahkan dengan kerugian. Karena rumah memang sudah lama kosong dan tidak dihuni,” kata Wawan. (fit)