Tantangan Santri Mempertahankan NKRI

Upacara Hari Santri. (fit) 
Lumajang, Motim - Di Hari Santri Nasional (HSN) 2019, Bupati Lumajang Thoriqul Haq menegaskan, jika para santri memiliki peran penting dalam mengisi kemerdekaan. Tantangan santri kedepan, salahsatunya adalah mempertahankan NKRI.

"Jangan sekali-sekali ada orang yang ingin merubah NKRI dan pancasila, kita tidak rela negara kita dirubah oleh sistem yang akan merusak Indonesia, Kita para santri harus lawan siapapun yang coba-coba mengganggu Indonesia maka berhadapan dengan santri," tegasnya dalam Upacara Peringatan HSN di Alun-Alun Lumajang, Selasa (22/10).

Lanjutnya, seperti diketahui pada zaman penjajahan, santri juga memiliki peranan penting dalam meraih kemerdekaan Indonesia. Menurutnya para santri tidak hanya diajarkan tentang keagamaan, tetapi juga diajarkan untuk ikut berjuang angkat senjata melawan penjajah.

“Itu artinya santri punya sumbangsih untuk kemerdekaan negara Republik Indonesia,” ujarnya.

Bupati juga ingin, dalam mengisi kemerdekaan, santri harus lebih berprestasi. Maka mereka harus terasah kemandiriannya, jiwa sosial, dan kepemimpinannya selama di pesantren.

"Karena santri dididik tanpa pamrih, tentu juga doa para kyai dan alim ulama untuk barokahnya kehidupan para santri," jelasnya. (fit)