Tenaga Non PNS Harus Perbaiki Kinerja

Lumajang, Motim - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah, Agus Triyono menegaskan, untuk mewujudkan tata kelola pemerintah, Tenaga Non PNS diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas dan kualitas kinerja.
Pembinaan Tenaga Non PNS
Pembinaan Tenaga Non PNS
“Saya berharap Tenaga Non PNS dan teman–temannya diingatkan agar kita senantiasa meningkatkan kedisplinan kita,” ujarnya dalam Pembinaan Tenaga Non PNS di lingkungan Kantor Bupati Lumajang, Rabu (9/10).

Menurutnya, kedisiplinan menjadi suatu keharusan yang wajib dipenuhi sebagai wujud pelayanan masyarakat tidak terkecuali bagi Tenaga Non PNS. Mereka juga harus menunjukkan kualitas dan profesionalitasnya.

Agus Triyono menjelaskan, pada 2024 nanti formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) hanya ada dua. Yakni Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Untuk itu Tenaga Non PNS bisa memanfaatkan peluang rekrutmen CPNS dan PPPK yang disediakan pemerintah,” kata dia.

Untuk lebih menertibkan mekanisme perpanjangan kontrak, mereka juga harus mengajukan perpanjangan kontrak setiap akhir tahun. “Sehingga di bulan Desember sudah ada tanda tangan kontrak kerja, tidak otomatis, ada mekanismenya,” jelasnya.

Untuk menunjang kesejahteraan Tenaga Non PNS, menurutnya sudah ada penggajian yang disesuaikan dengan Upah Minimum Kabupaten (UMK), Layanan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. (fit)