Terlambat Pasang Papan Informasi, Pemenang Proyek di Gor Sudah Ditegur

Lumajang, Motim - Pihak pemenang lelang proyek renovasi Gelanggang Olahraga (GOR) Wira Bakti Lumajang terlambat pasang papan informasi. Pengerjaan sudah berjalan minggu lalu, papan informasi baru dipasang.
Renovasi Gor Wira Bhakti
Renovasi Gor Wira Bhakti
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Paimin pada Memo Timur, menyampakan, ketika papan informasi belum dipasang, pihaknya sudah mengingatkan terkait itu. “Sudah kami ingatkan soal itu,” katanya.

Paimin menegaskan, dirinya juga sudah mengingatkan jauh-jauh hari sebelum pengerjaan agar papan informasi itu dipasang secepatnya. Namun hingga proses pengerjaan sekitar seminggu, tak kunjung dipasang.

“Jauh-jauh hari, awal mau mengerjakan, sudah diingatkan. Sebelum mengerjakan kan kami rundingan lagi, mengingatkan itu juga,” pungkasnya.

Sementara pihak CV Lima Jaya, pemenang lelang masih belum bisa dikonfirmasi terkait hal ini. Dikutip dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Pemkab Lumajang, rehab atap Gor dianggarkan Rp 1 miliar. Namun harga penawaran Rp 805 juta.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sekjen Lembaga Transparansi Publik Hidayat, menyampaikan pengerjaan proyek yang tidak memasang papan informasi patut dicurigai dan diduga bermasalah. Karena membuat masyarakat tidak bisa mengawasi pekerjaan yang menggunakan uang Negara, dimana masyarakat wajib mengawasi agar tidak disalahgunakan.

Hal itu menurut Hidayat pelaksana proyek melanggar Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik dan peraturan Presiden nomor 70 tahun 2012 tentang perubahan kedua atas Perpres nomor 54 tahun 2010 tentang pengadaan barang/jasa pemerintah.

"Proyek tanpa ada papan nama proyek itu melanggar UU Nomor 14 tahun 2008 juga peraturan Presiden," ucapnya Sabtu (6/10). (cho/fit)