Tersisa Asap, Kebakaran Di Semeru Dinyatakan Padam

Lumajang, Motim - Kebakaran di kawasan Gunung Semeru dinyatakan sudah padam. Meskipun sisa asap masih ada. Petugas tetap bersiaga dan terus memantau di sana. Khawatir titik api sewaktu-waktu muncul kembali.
Petugas saat berusaha memadamkan api
Petugas saat berusaha memadamkan api
"Secara umum, susah dinyatakan padam total. Tapi asap masih ada," kata Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang Wawan Hadi Siswoyo, Senin (14/10).

Lanjutnya, memang tidak menutup kemungkinan titip api kembali muncul. "Mangkanya petugas masih ada di sana, terus memantau dan siaga," ujarnya saat ditemui sejumlah wartawan di kantornya.

Wawan menjelaskan, dari informasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), di kawasan Semeru masih rawan kebakaran, karena sudah lama tidak terbakar. Kemudian saat ini banyak lahan humus yang terbakar.

"Di sana kan banyak humus, ketika yang di atas terlihat padam tapi bawahnya dipwrkirakan ada bara api. Kena angin bisa muncul lagi," jelasnya.

Sejauh ini penyebab kebakaran di Semeru disebut karena faktor alam. Bukan karena ulah manusia. Dari laporan terakhir, total luas kebakaran di Semeru mencapai 102 hektare. (fit)