TKW asal Duren Klakah Pulang setelah Menderita Tumor

Lumajangm, Motim - Dewi Sundari, Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Desa Duren, Kecamatan Klakah terpaksa harus pulang ke kampung halaman. Wanita yang bekerja di Malaysia itu divonis menderita tumor. Sehingga Ia memilih pulang dan menjalani perawatan di Lumajang.
Kondisi Dewi Sundari
Kondisi Dewi Sundari
Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Lumajang melaporkan, Dewi mulai merasakan sakit di bagian perut pada September. Kemudian Ia periksa beberapa kali di klinik yang ada di Malaysia. Ternyata ada benjolan di perutnya dan Ia divonis tumor.

Proses pemulangan dari Malaysia ke tanah air, Dewi dibantu oleh komunitas IWJ (Info Warga Jember) Malaysia. “Biaya transport dan dokumen dibantu IWJ dan sampai Bandara Juanda,” kata Wakil Ketua SBMI Lumajang, Madiono, Selasa (29/10).

Selanjutnya pihak keluarga melakukan penjemputan ke bandara. Setelah Dewi tiba di rumahnya, SBMI Lumajang berkunjung ke sana, Minggu (27/10). Kondisinya memprihatinkan, karena Ia hanya terbaring lemah di tempat tidur.

Akhirnya SBMI membantu memfasiltasi, agar yang bersangkutan dapat segera mendapat perawatan intensif di rumah sakit. “SBMI Lumajang langsung menghubungi kepala desa dan dengan ambulan desa membawa Dewi ke RSUD Haryoto Lumajang,” katanya.

Madiono menambahkan, Dewi Sundari bekerja di Malaysia sejak 2011 dan tinggal di daerah Melaka. Pada 2014 Ia sempat pulang namun kemudian kembali lagi ke Malaysia dan tinggal di daerah Kuala Lumpur. (fit)