Total 199 Warga Lumajang di Wamena Dipulangkan

Korban kerusuhan di Wamena dipulangkan. (*)
Lumajang, Motim - Jumlah warga Lumajang yang menjadi korban kerusuhan di Wamena-Papua masih terus bertambah. Sejauh ini, data dari Dinas Sosial (Dinsos) Lumajang total sudah ada 199 orang yang sudah dipulangkan.

Terakhir, sebanyak 54 orang dipulangkan melalui jalur laut dan tiba di Tanjung Perak Surabaya, Kamis (17/10) pagi. Kemudian mereka dijemput oleh Dinsos, untuk difasilitasi kepulangannya ke Lumajang.

“Setelah tiba didata dulu oleh Dinaskertrans Jawa Timur. Kemudian pulang ke Lumajang,” kata Kepala Dinsos Lumajang Dewi Susiyanti. Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati nampak ikut menjemput para korban.

Penjemputan yang dilakukan Dinsos ini untuk meringankan penderitaan mereka. Sebelumnya Dinsos juga melakukan para korban di Bandara Juanda Surabaya dan Bandara Abdul Rachman Saleh Malang.

Sementara Wakil Bupati Indah Amperawati mengatakan, Pemkab Lumajang ingin memastikan kondisi kesehatan dan keselamatan para warga Lumajang yang baru saja tiba dari Wamena. Pemkab juga akan membantu korban. Utamanya bagi anak-anak agar bisa tetap sekolah.

"Kami akan memberikan kemudahan, untuk bisa langsung masuk ke sekolah di dekat rumah bapak ibu sekalian di Lumajang, jadi jangan khawatir," terang Indah. (fit)