Zakat ASN ke Baznas Naik Signifikan

Ketua Baznas Lumajang H. Atok Hasan Sanusi. (fit)
Lumajang, Motim - Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lumajang H. Atok Hasan Sanusi menyampaikan, ada kenaikan signifikan jumlah zakat dari para Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal ini terjadi setelah Bupati dan Wakil Bupati Lumajang memberikan himbauan pada para ASN.

“Alhamdulillah impeknya sudah luar biasa ketika OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan UPZ (Unit Pengumpul Zakat) di instansi vertikal kita kumpulkan bersama dengan bupati,” katanya pada Memo Timur, Kamis (24/10).

Atok menegaskan, sebelumnya zakat yang terkumpul di Baznas di kisaran Rp 360 juta per bulan. Saat ini Ia menyebut sudah mampu menembus di angka Rp 400 juta perbulan. “Ada peningkatan signifikan, karena dari kalangan ASN,” ujarnya.

Memang Ia tidak memungkiri jika potensi zakat dari kalangan ASN begitu besar. Jika semua ASN membayar zakat profesinya sebesar 2,5 persen tiap bulan ke Baznas, tentu jumlah zakat yang terkumpul bisa sangat besar.

“Karena sementara masih didominasi oleh OPD, karena ada instruksi dari bupati, dihimbau kepada ASN untuk membayar zakat 2,5 persen,” jelasnya.

Dengan naiknya pendapatan zakat tiap bulan, H. Atok pun optimis target zakat Rp 5 miliar pada tahun ini bisa tercapai. “Kita optimis pada Desember 2019 target Rp 5 miliar tercapai,” pungkas dia. (fit)