Banyak Pejabat Eselon 3 Tak Penuhi Syarat Daftar Kepala OPD

Lumajang, Motim - Saat ini ada 14 kursi Kepala Organisasi Perangkat Daearah (OPD) di lingkungan Pemkab Lumajang yang kosong. Seleksi jabatan pun sudah dibuka. Namun lowongan tidak dibuka untuk semuanya. Panitia Seleksi (Pansel) hanya membuka lowongan untuk 6 Kepala OPD saja.
Sekda Agus Triyono
Sekda Agus Triyono
Enam OPD itu diantaranya Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, serta Badan Pajak dan Retribusi Daerah.

Ketua Pansel, Agus Triyono menyampaikan alasan kenapa hanya membuka lowongan untuk 6 Kepala OPD tersebut. Menurutnya ada banyak pertimbangan. Salah satunya jumlah pejabat eselon 3 yang memenuhi syarat masih minim.

“Pejabat-pejabat di level eselon 3 banyak yang belum memenuhi syarat. Maka tahun 2019 ini hanya 6 OPD yang kita buka dari 14 OPD yang kosong,” katanya pada wartawan saat ditemui di Gedung DPRD Lumajang, Senin (25/11).

Jika semua 14 lowongan dibuka bersama-sama, tentu syarat minimal jumlah pendaftar juga sulit dipenuhi. “Karena syaratnya satu lowongan jabatan minimal harus ada 4 pendaftar. Daftar dobel juga boleh. Kalau kurang dari 4 tidak bisa diproses,” jelas Sekretaris Daerah tersebut.

Selanjutnya, sisa jabatan yang kosong akan dibuka lagi pada tahun depan. Dengan harapan, para calon yang gagal di tahun ini bisa kembali mendaftar pada tahun 2020. “Harapan Pansel, mereka yang tidak lolos tahun ini bisa mendaftar di gelombang berikutnya,” ujar Agus Triyono.

Ia menegaskan, banyak pejabat eselon 3 yang belum memenuhi syarat di kepangkatan dan belum mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat). “Mudah-mudahan beberapa orang yang sedang mengikuti diklat bisa mendaftar di 2020,” ucapnya. (fit)