Belasan Jabatan Eselon 2 Tak Kunjung Terisi

Lumajang, Motim - Belasan kursi jabatan setingkat eselon 2 di Pemkab Lumajang tak kunjung terisi hingga saat ini. Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menegaskan, ada 13 jabatan yang kosong dan untuk sementara masih diisi pelaksana tugas (Plt).
Pelantikan Sekda Lumajang
Pelantikan Sekda Lumajang
Namun jumlah itu bertambah, setelah jabatan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) juga akan kosong. Pasalnya Agus Triyono sudah dilantik oleh Bupati Throiqul Haq menjadi Sekretaris Daerah (Sekda).

Wabup menegaskan, pihaknya akan segera melakukan asesmen untuk mengisi jabatan yang kosong itu. Karena memang sudah dijadwalkan, setelah Sekda definitif dilantik, selanjutnya fokus ke jabatan yang kosong.

“Segera dilakukan asesmen,” ucapnya kepada wartawan.

Tak hanya asesmen, dalam waktu dekat pihaknya juga akan melakukan evaluasi lagi kepada para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sehingga ada kemungkinan, diantara mereka akan dimutasi jika kinerjanya dinilai tidak optimal.

“Ada yang pensiun. Ada yang memang harus digantikan karena spirit dan speednya tidak bisa mengikuti langkah kita,” ujarnya.

Tetapi Indah enggan menyebut mana Kepala OPD yang dinilainya belum bisa mengikuti ritme kerja dirinya dan bupati. “Tidak bisa Saya sebutkan, akan terus kami lakukan evaluasi,” katanya usai Pelantikan Sekda beberapa hari lalu.

Bupati menambahkan, para Plt Kepala OPD yang selama ini sudah ditunjuk, juga terus dipantau kinerjanya. Karena itu bisa saja menjadi pertimbangan, mereka untuk bisa menjadi kepala definitif.

“Dan itu mereka bekerja, dan menjadi ukuran kami ketika menjadi plt,” jelasnya.

Ia menargetkan proses asesmen sudah selesai dilakukan sebelum berganti tahun. Di akhir tahun sebisa mungkin semua jabatan yang kosong sudah terisi. Sudah tidak ada lagi yang namanya Plt Kepala OPD.

“Asesmen akan kami buka setelah pelantikan Sekda ini, akhir tahun sudah dilantik mereka. Kalau awal tahun ada yang pensiun, tidak ada pilihan kecuali plt. Seminimal mungkin tidak ada plt,” pungkasnya. (fit)