Cuaca Buruk Mulai Terjang Lumajang, Masyarakat Wajib Waspada

Lumajang, Motim - Cuaca buruk mulai menerjang kawasan Lumajang akhir-akhir ini. Masyarakat pun dihimbau untuk lebih waspada. Saat hujan deras dan angin kencang terjadi, wajib mencari tempat yang aman.
Dampak cuaca buruk di Lumajang beberapa hari lalu
Dampak cuaca buruk di Lumajang beberapa hari lalu
“Kita himbau masyarakat Lumajang untuk lebih waspada dan hati-hati akhir-akhir ini,” kata Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo.

Seperti diketahui, sebelumnya cuaca buruk yang terjadi di wilayah Lumajang berdampak pada rusaknya sejumlah rumah akibat tertimpa pohon tumbang. Diantaranya terjadi di Kecamatan Padang, Rabu (13/11), lalu dan di Kecamatan Ranuyoso, Senin (18/11).

Wawan juga menghimbau masyarakat untuk menghindari jalur piket nol saat terjadi hujan. Karena di kawasan tersebut rawan terjadi longsor. “Demi keselamatan para pengendara yang akan melintas di sana,” ucapnya.

Ia juga menghimbau kepada para penambang pasir atau sopir truk yang beraktifitas di Daerah Aliran Sungai (DAS) Semeru. Saat hujan terjadi, sebaiknya segera meninggalkan tempat itu. Dikhawatirkan terjadi banjir lahar dingin.

“Jika terjadi hujan, lebih baik hentikan aktifitas pertambangan dulu,” pungkasnya. (fit)