Diduga Korsleting Listrik, Toko Mebel Terbakar

Kebakaran toko mebel. (*)
Lumajang, Motim - Toko mebel di Jalan Nasional Desa Kalipepe Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang terbakar Kamis (7/11) pagi. Akibatnya, kerugian yang dialami pemiliknya ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Dari informasi warga, toko mebel milik Hanafi yang kini disewa Andi terbakar sekitar pukul 07.00 WIB. Saat kejadian, toko tersebut masih tutup. Tidak ada orang atau pemiliknya di dalam.

Diketahui api dengan cepat membesar, melahap bangunan dan isinya. Karena banyak bahan mebel yang mudah terbakar, seperti kayu dan busa. Beruntung api tak sampai menjalar ke rumah warga di sebelahnya.

Petugas pemadaman kebakaran yang menerima laporan kejadian, tiba di lokasi sekitar pukul 07.50 WIB. Sekitar satu jam dilakukan upaya pemadaman, api baru padam total.

"Api sudah dapat dipadamkan pada pukul 08.45 WIB dan pembahasan selesai pukul 09.15 WIB," kata Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang Wawan Hadi Siswoyo.

Wawan menyebut, dari penghitungan sementara, kerugian yang dialami pemiliknya ditaksir mencapai Rp 40 juta. Selain bahan baku mebel, peralatan dan uang juga ikut hangus terbakar.

Pihaknya menduga penyebab kebakaran karena adanya korsleting listrik. "Ada percikan pada stop kontak yang belum diperbaiki dan membuat listrik di sekitar rumah padam, seketika keluar api yang begitu besar," pungkasnya. (fit)