Dokter Keliling Disiapkan untuk Deteksi Penyakit Masyarakat

Lumajang, Motim - Inovasi kesehatan yang tepat sasaran memang perlu digagas. Salah satunya agar masyarakat bisa menikmati pelayanan kesahatan yang prima dan gratis. Kali ini, ada inovasi yang digagas pemerintah Dokter Muter alias Dokter Keliling.
Mukerkab PMI Lumajang
Mukerkab PMI Lumajang
Tugas dari dokter itu adalah terjun langsung ke masyarakat untuk melakukan pemeriksaan. “Kami sedang melakukan inovasi dokter muter, untuk mendeteksi penyakit, cek darah datang ke rumah datang ke warga untuk memberikan deteksi,” kata Bupati Lumajang, Thoriqul Haq.

Bicara inovasi kesehatan, bupati juga mengapresiasi keberhasilan inovasi Blood Jek (Ojek Darah) yang digagas Palang Merah Indonesia (PMI) Lumajang. Inovasi yang digagas PMI Lumajang itu sangat bermanfaat untuk keselamatan banyak nyawa.

“PMI Kabupaten Lumajang talah nyata melakukan banyak inovasi yang itu diapresiasi oleh seluruh jajaran penilaian inovasi yang ada di Indonesia, sehingga hasil inovasi yang dilakukan sehingga diaplikasikan oleh PMI lain yang ada di indonesia,” terangnya dalam Musyawarah Kerja Kabupaten (Mukerkab) PMI Lumajang, Kamis (21/11).

Ketua PMI Lumajang, Budi Santoso menjelaskan, pihaknya tengah berupaya untuk turut terlibat dalam peningkatan pelayanan kesehatan di Kabupaten Lumajang melalui kerjasama dengan OPD Pemkab Lumajang.

“Kami telah berupaya untuk mewujudkan pelayanan yang prima kepada masyarakat, memberikan pelayanan medis bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan BPBD Lumajang untuk penanganan bencana,” jelasnya. (fit)