Gempa Lokal, Belasan Rumah Retak-Retak

Lumajang, Motim - Gempa tektonik lokal terjadi di kawasan Gunung Lemongan. Guncangan bisa dirasakan warga di Desa Sumberpetung, Kecamatan Ranuyoso. Meski berkekuatan kecil, namun berdampak pada belasan rumah hingga mengalami retak-retak.
Kondisi rumah yang retak
Kondisi rumah yang retak
Warga merasakan gempa pertama sekitar pukul 04.00 WIB, Rabu (13/11). Tercatat gempa dirasakan sebanyak 6 kali hingga sore hari. Terakhir terjadi sekitar pukul 17.37 WIB.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang melaporkan ada 11 rumah terdampak. Selain retak di dinding, sebagian rumah mengalami retak di bagian lantainya.

Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo menyampaikan, gempa yang terjadi bukan karena adanya peningkatan aktifitas Gunung Lemongan. Saat ini status gunung masih tetap Level 1.

“Statusnya tetap normal,” katanya pada Memo Timur, Kamis (14/11).

Lanjutnya, fenomena gempa tektonik lokal yang terjadi kali ini hampir sama dengan tahun 2012 silam. “Saat itu juga gempa lokal, ya tetap yang kena dampak, rumah-rumah itu,” jelas Wawan.

Atas kejadian ini, Ia menghimbau warga untuk tetap tenang. “Tidak boleh panik. Tapi tetap waspada. Jangan percaya informasi selain dari Pos Pantau Gunung Lemongan dan BPBD,” pungkasnya. (fit)