Ketua FKUB Lumajang Tutup Usia

Lumajang, Motim - Salah satu tokoh panutan di Lumajang, pergi untuk selamanya. Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Lumajang, Drs. H. M. Khoiri M.Pd tutup usia. Pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Hasan itu dikabarkan meninggal, Senin (25/11) malam.
Almarhum H. M. Khoiri
Almarhum H. M. Khoiri
Informasinya, H. M. Khoiri meninggal setelah dirawat intensif di Rumah Sakit Wijaya Kusuma karena menderita penyakit jantung. Jenazah kemudian dimakamkan, Selasa (26/11), pagi di lokasi pondok yang diasuhnya.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lumajang, H. Atok Hasan Sanusi mengaku kaget mendengar kabar meninggalnya H. M. Khoiri. Karena Ia pernah menempuh ilmu bersama di Pondok Pesantren As Shiddiqi Putra (Astra) Jember.

Menurutnya, H. M. Khoiri adalah sosok yang penuh inovatif. Sehingga banyak dipercaya di sejumlah organisasi penting. Selain Ketua FKUB Lumajang, dipercaya sebagai Wakil Ketua Majelis Ulama (MUI) Lumajang dan Wakil Rais Syuriah Nahdlatul Ulama (NU) Lumajang.

“Pak Khoiri ini sosok yang inovatif, punya ide-ide. Contohnya dalam memajukan madrasah yang diasuhnya. Banyak di tangan beliau, madsarah yang menjadi unggulan. Sekarang sangat diperhitungkan berkat tangan dingin almarhum. Sehingga menjadi luar biasa,” kata H. Atok.

Kemudian, tak kalah pentingnya, H. M. Khoiri ini memiliki peran penting dalam memersatukan umat dari berbagai agama di Lumajang. “Dia sosok pemersatu. Sebagai Ketua FKUB, mampu menyatukan umat dari berbagai agama,” pungkasnya. (fit)