Kopi Lokal Sudah Berkualitas Ekspor

Lumajang, Motim - Produk-produk kopi yang dihasilkan oleh para petani di Lumajang akan terus dimaksimalkan. Tujuannya agar kopi dari Lumajang dapat lebih dikenal di nusantara maupun internasional. Karena saat ini kopi lokal Lumajang sudah memiliki kualitas ekspor.
Kopi Lumajang
Kopi Lumajang
“Sekarang itu yang lagi nge-trend adalah kopi, kita lagi mencoba untuk memenuhi target kopi organik dan saat ini ada kurang lebih 150 hektare kopi yang bersertifikat, mudah-mudahan ini tembus keluar negeri,” kata Wakil Bupati Indah Amperawati.

Kabupaten Lumajang memiliki komoditas yang sudah diakui dunia. Oleh karena itu, Lumajang harus bisa menyelenggarakan kegiatan yang juga memiliki standart yang tinggi. “Sebuah kota kecil seperti Lumajang ini boleh bermimpi dan harus bermimpi besar, apalagi sudah ada yang punya sertifikat dari Uni Eropa, ini sebagai reward petani kita, pegiat kopi kita,” ujar Wabup.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq ingin mengenalkan potensi produksi perkebunan Kabupaten Lumajang melalui acara bertaraf nasional. Hal itu disampaikannya dalam acara Festival Kopi Mahameru Lumajang yang diselenggarakan di Alun-Alun Lumajang, Sabtu (16/11).

“Ini menggabungkan produksi yang dimiliki Kabupaten Lumajang, untuk dikenalkan kepada masyarakat luas, sehingga harapannya aksesnya lebih luas lagi,” ujarnya.

Bupati mengungkapkan pihaknya berkeinginan untuk menyelenggarakan festival kopi yang memiliki daya tarik hingga di tingkat nasional. Sehingga, jejaring yang terakomodir akan lebih luas lagi. (fit)