Limbah Triplek di Desa Grobogan Terbakar Hebat

Limbah triplek di Desa Grobogan terbakar. (*)
Lumajang, Motim - Limbah triplek yang ditumpuk di sebuah lahan di Dusun Krajan, Desa Grobogan Kecamatan Kedungjajang, terbakar hebat, Selasa (26/11). Banyaknya tumpukan limbah di tempat itu, membuat api cepat membesar.

Diketahui tumpukan limbah itu milik Iwan, warga setempat, yang dibelinya dari Pabrik Kayu SMK Klakah. Kebakaran hebat itu terjadi dari siang hari hingga malam hari. Petugas pedaman kebakaran butuh waktu berjam-jam untuk memadamkan api.

Komandan Regu Damkar Satpol PP Lumajang, Puryadi mengatakan, diduga kebakaran yang terjadi akibat puntung rokok yang dibuang. “Api dengan cepat menjalar ke tempat lain karena banyak tumpukan triplek,” katanya.

Lanjutnya, api juga menjalar ke sebagian tanaman sengon milik warga, tetapi tidak menimbulkan kerusakan besar. Kemudian diperkirakan, jarak titik api dengan pemukiman warga sekitar 50 meter.

Salah satu saksi yang mengetahui kejadian tersebut, Lesmana mengatakan, awalnya Ia melihat ada kepulan api disertai asap membumbung ke langit. Ia pun segera menghubungi warga masyarakat yang berada di sekitar, dan petugas pemadam kebakaran.

Diketahui tidak ada korban jiwa maupun yang luka. Namun kerugian materi milik Iwan tersebut, diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Linmas Satpol PP Lumajang, Nanang Bashori, S.AP., menjelaskan, pihaknya menerjukan 2 unit mobil damkar untuk mengatasi kebakaran tersebut. Karena api yang relatif besar.

“Tim Damkar tetap standby di lokasi kejadian sampai malam hingga sisa-sisa kebakaran tersebut, secara teknis diperkirakan tidak sampai menjalar ke rumah warga,” ucapnya. (fit)