Lolos Seleksi, Nasib Ratusan Calon Tenaga Kontrak Pemkab Belum Jelas

Lumajang, Motim - Nasib ratusan calon tenaga kontrak atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Pemkab Lumajang belum jelas. Pasalnya, meski mereka sudah dinyatakan lolos seleksi, hingga saat ini masih belum ada tindaklanjutnya.
Sekda menunjukkan hasil seleksi PPPK
Sekda menunjukkan hasil seleksi PPPK
Sebelumnya Pemkab Lumajang telah membuka pendaftaran dan melakukan seleksi PPPK. Hasilnya, ada 346 calon PPPK yang sudah dinyatakan lolos. Namun hingga mendekati pergantian tahun, mereka masih menunggu kepastian untuk diangkat menjadi PPPK.

Sekretaris Daerah Lumajang, Agus Triyono juga telah menunjukan pada media, data nama calon PPPK yang dinyatakan lulus. “Nama-nama ini yang lulus, tapi belum ada tindak lanjut,” katanya pada wartawan saat jumpa pers, Selasa (5/11).

Ia menjelaskan, Pemkab Lumajang tidak menindaklanjuti hasil seleksi itu karena belum ada regulasi dari pusat mengenai aturan gaji dan pola karir PPPK. “Karena sampai saat ini belum ada Perpres yang mengatur gaji dan bagaimana pola karirnya,” ucapnya.

Sehingga Pemkab tidak berani mengambil keputusan selanjutnya, karena masih menunggu aturan dari pusat terkait hal itu. “Jawaban dari BKN (Badan Kepegawaian Nasional), terkait rekrutmen PPPK, Perpresnya memang belum keluar,” jelas Agus Triyono.

Kondisi yang belum jelas ini, membuat rencana perekrutan PPPK tahun ini bersama dengan jadwal perekrutan CPNS harus dibatalkan. “Karena proses PPPK ini belum beres, maka tahun ini gak ada rekrutmen lagi PPPK,” pungkasnya. (fit)