Mutasi Pejabat Bisa Dilakukan Sewaktu-waktu

Lumajang, Motim - Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menegaskan, dirinya bisa sewaktu-waktu melakukan mutasi pejabat di Pemkab Lumajang. Hal itu akan dilakukan, jika hasil evaluasi ada pejabat yang tidak bisa bekerja secara optimal.
Bupati Lumajang
Bupati Lumajang
“Bisa mutasi suwaktu-waktu. Mutasi saat ini bukan hal sakral selama evaluasi dilakukan. Jika perlu ada mutasi maka perlu ada mutasi,” tegasnya usai Pelantikan Sekda Lumajang beberapa hari lalu.

Thoriq juga ingin semua pejabat paham program di 2020 dan paham masalah yang ada. Jika tidak paham, bisa terancam akan dievaluasi dan mutasi. “Mulai awal tahun, harus paham masalah. Jika gak paham, siap-siap kami evaluasi,” tegasnya.

Ia pun memerintahkan Sekda Lumajang yang baru, Agus Triyono, untuk segera melakukan konsolidasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kemudian Sekda bisa melakukan evaluasi pada kinerja ASN.

“Kepada Sekda untuk melakukan evaluasi kinerja ASN selama ini, katakanlah ada Kepala OPD yang belum paham tugasnya. Kalau evaluasi selalu setiap waktu kami lakukan,” jelasnya.

Karena bupati menegaskan, persoalan semakin hari semakin banyak. Dan harus segera direspon. “Tentu pilihan bagi OPD adalah segera melakukan langkah untuk merespon problematika masyarakat,” jelanya.

Ia bersama dengan Wakil Bupati sudah berkomitmen untuk terjun langsung menyelesaikan masalah tersebut. “Kita sudah menetapkan tentang langkah-langkah atau standar supaya OPD ini kerjanya tidak hanya duduk di kantor. Tidak hanya tanda tangan di kantor. Tapi dia harus mengurai masalah, turun ke lapangan melihat langsung kondisi yang ada,” pungkasnya.(fit)