Satlantas Polres Lumajang Tindak 2 Ribu Pelanggar dalam 14 Hari

Petugas melaksanakan apel sebelum menggelar operasi. (cho)
Lumajang, Motim - Satlantas Polres Lumajang telah melaksanakan Operasi Zebra selama 14 hari. Dalam kurun waktu tersebut, polisi berhasil menindak sekitar 2 ribu pengendara yang melanggar lalu lintas.

Kasat Lantas Polres Lumajang, AKP I Gede Putu Atma Giri, SH melalui Kaur Bin Ops Satlantas, Iptu Joko Triono menyampaikan, ketika operasi berlangsung, masyarakat Lumajang lebih menaati peraturan lalu lintas.

"Alhamdulillah dengan kegiatan Operasi Zebra masyarakat Lumajang lebih taat peraturan," katanya, Selasa (5/11).

Tertibnya masyarakat juga berdampak positif terhadap angka kecelakaan lalu lintas di Lumajang selama Operasi Zebra. Karena angka kecelakaan dapat ditekan. "Angka kecelakaan dapat turun drastis," lanjutnya.

Ia menyebut, penurunan itu baik dari segikualitas maupun kuantitas. Dibandingkan sebelumnya berkurang 33 persen dari jumlah kejadian pada tahub sebelumnya. "Pada 2018 ada 9 kejadian, pada 2018 ada 6 kejadian," jelasnya.

Iptu Joko Triono menambahkan, angka meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas juga menurun. "Pada 2018 ada 3 orang meninggal dunia, pada 2019 ada 2 orang," ucapnya.

Namun Ia berharap ke depan masyarakat bisa terus tertib dalam berlalu lintas. Bukan hanya saat ada Operasi Zebra atau saat ada polisi saja.

"Semoga bukan hanya saat ada operasi kepolisian, tapi untuk kedepannya masyarakat lebih taat baik itu ada petugas maupun tidak petugas di jalan," pungkasnya. (cho/fit)