Tahun Ini Hanya Ada 196 Lowongan CPNS di Lumajang

Lumajang, Motim - Tahun ini jumlah lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lumajang sangat sedikit dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Yakni hanya 196 formasi saja, padahal pada 2018 mencapai 471 formasi.
PNS di Lumajang
PNS di Lumajang
Sekretaris Daerah, Agus Triyono menyampaikan, pada 2019 sebenarnya Pemkab Lumajang mengusulkan 419 formasi ke pusat. Namun Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) hanya menyetujui 196 formasi saja.

Dari jumlah itu pun, formasinya hanya untuk dua bidang saja. “Hanya untuk kesehatan dan pendidikan. Seperti untuk dokter, dokter spesialis, perawat, bidang, apoteker, dan guru. Guru pun paling banyak guru SD. Jadi sangat jomplang,” ucapnya, Selasa (5/11).

Lanjutnya, dalam waktu dekat proses perekrutan CPNS itu akan dilakukan. Ia mengakui waktu yang ada sangat mepet. Sehingga diperkirakan prosesnya akan selesai sampai pertengahan tahun depan.

“Rekrutmen CPNS tahun ini diperkirakan akan selesai pada April 2020,” ujarnya.

Sementara untuk rencana perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), Agus menegaskan tahun ini ditiadakan. Karena PPPK tahun sebelumnya yang sudah dinyatakan lulus masih belum diproses. Karena masih terganjal regulasi dari pusat.

“Belum ada Perpres yang mengatur tentang gaji dan bagaimana pola karirnya. Maka Pemkab Lumajang masih menunggu kebijakan dari pusat,” katanya. Sebelumnya ada 346 PPPK di Lumajang yang dinyatakan lolos seleksi. (fit)